Breaking

Tuesday, March 19, 2019

Mengatasi Stres Dengan Mudah Pakai Cara Ini

Stres pasti dirasakan oleh siapa pun. Pernahkah Anda merasa mudah tersinggung, gelisah, frustrasi, kesepian, sulit untuk tenang, untuk berpikir negatif atau menjadi pecandu alkohol? Jika ini masalahnya, Anda mungkin stres dan Anda harus segera menemui psikolog jogja untuk membantu anda mengobati penyakit ini.

Stres adalah hal yang normal dialami oleh semua orang. Stres yang normal dapat memiliki dampak positif, misalnya dengan memungkinkan Anda bekerja lebih cepat sambil menghormati tenggat waktu. Namun berhati-hatilah, kondisi stres dapat memiliki dampak negatif jika sering terjadi dan meluas.

Ternyata tidak sulit untuk mengatasi stres

Dampak stres pada kesehatan
Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan Anda terserang penyakit. Stres yang berlebihan tidak hanya memengaruhi kesehatan mental, tetapi juga kesehatan secara umum. Anda mungkin bertanya-tanya, "Mengapa stres menyebabkan penyakit?" Jawabannya, stres bukan hanya perasaan. Kondisi stres akan memicu sejumlah reaksi, seperti peningkatan tekanan darah, penyempitan pembuluh darah dan pernapasan yang lebih cepat. Memang, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat kerja jantung. Hormon ini juga mampu melepaskan energi dengan cara yang tidak perlu, sehingga Anda merasa mudah lelah.

psikolog jogja murah


Sistem kekebalan tubuh orang yang stres juga akan berkurang, yang akan membuatnya sulit untuk melawan penyakit. Hasilnya, Anda akan lebih mudah terserang penyakit. Ketika Anda memiliki penyakit, stres dapat memperburuk kondisi Anda. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyerang Anda jika Anda mengalami stres berkepanjangan:

  • Sakit kepala.
  • Diabetes
  • Hipertensi.
  • Gangguan tidur.
  • AVC
  • Obesitas.
  • Asma.
  • Depresi.
  • Penuaan dini.
  • Mudah terinfeksi.
  • Disfungsi seksual.
  • Penyakit jantung
  • Asam lambung.
  • Penyakit Alzheimer.
  • Karena itu, tidak ada alasan untuk menyimpan stres.

Lakukan cara-cara ini untuk mengendalikan stres

Langkah pertama dalam menangani stres adalah mengetahui apa yang menyebabkannya, dalam hal ini, Anda tahu sendiri. Setelah itu, tuliskan stresor sehingga Anda dapat mengantisipasi langkah yang harus diambil untuk mencegah atau melawan stres.

Langkah selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi bagi tubuh dan pikiran Anda, seperti:

Hapus semua item

Mengirim perasaan, terutama perasaan yang mengganggu Anda, dapat membuat Anda stres. Lebih baik untuk mengekspresikan semuanya sehingga Anda dapat meringankan beban Anda. Ekspresikan semua yang ada dalam pikiran Anda kepada orang itu, seseorang yang dapat Anda percayai atau psikolog. Percayalah, setelah menyelesaikan semua masalah, perasaan Anda seharusnya jauh lebih baik.

Olah raga

Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa menghilangkan stres. Cara sederhana bisa berjalan atau bersepeda di sekitar kompleks rumah.

Meditasi

Meditasi dapat membantu menenangkan pikiran Anda. Anda dapat mencoba olahraga seperti yoga, yang juga mengajarkan meditasi.

Jalani hobi Anda

Pikirkan kegiatan apa yang Anda sukai? Apakah Anda ingin membeli, membeli, karaoke, menonton film, bekerja di kebun, memasak atau pergi ke taman bermain? Anda dapat melakukan apa saja yang dapat merilekskan tubuh dan pikiran Anda, tetapi aktivitas itu harus positif sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

Jalani hidup di masa sekarang.

Anda tidak perlu memikirkan kehidupan masa lalu, terutama jika itu membuat Anda sedih. Hiduplah di masa sekarang. Lupakan harapan negatif di kehidupan mendatang. Biarkan hidup mengalir apa adanya. Percayalah, jika Anda menjalani masa sekarang dengan cara yang bahagia dan positif, itu akan berdampak pada kehidupan Anda di masa depan.

Jaga dirimu baik-baik

Tidur yang cukup dan selalu makan makanan sehat dan bergizi. Hindari merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.
Kita semua memiliki cara yang unik dan berbeda untuk melawan stres. Cobalah untuk mengatasi stres dengan cara sebelumnya. Jika Anda tidak dapat mencoba semuanya bersama-sama, pilih satu atau dua metode yang paling nyaman untuk Anda. Lakukan ini untuk menjadi kebiasaan. Jika tingkat stres melebihi kemampuan Anda untuk mengendalikannya, konsultasikan dengan dokter atau berikan saran.

Kapan waktu yang tepat untuk mencari bantuan medis?

Stres akan selalu ada karena itu adalah bagian dari kehidupan. Anda dapat menghindari stres dengan mengelolanya dengan baik atau, setidaknya, jangan meninggalkannya terlalu banyak. Ketahui gejala-gejala stres dan pahami konsekuensi jangka panjang dari stres pada tubuh dan pikiran Anda.

Stres yang berlebihan atau jangka panjang biasanya ditandai dengan munculnya beberapa masalah kesehatan serius, seperti depresi, gangguan makan, obesitas, disfungsi seksual, rambut rontok, dan gangguan makan. kepribadian

Jika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami stres jangka panjang, segera kunjungi dokter untuk mengetahui bagaimana perasaan Anda dan bagaimana perasaan Anda. Karena stres yang parah dan berkepanjangan akan membahayakan kesehatan secara keseluruhan. Jika perlu, dokter akan merujuk Anda ke klinik psikologi jogja atau psikiater yang akan membantu Anda mengelola stres.

Sumber :

No comments:

Post a Comment